Sabtu, 31 Oktober 2015

PENTINGNYA MENANAM POHON DI SEKOLAH

SMPN 10 Tarakan - Kondisi lingkungan yang kondusif sangat dibutuhkan agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. Dengan kondisi lingkungan yang kondusif, proses transfer of knowledge di dalam kegiatan belajar mengajar dipastikan akan berjalan dengan mulus. Bila kondisi lingkungan tidak kondusif, persoalan dalam kegiatan belajar mengajar dipastikan akan muncul. Bisa muncul dari guru, murid ataupun lingkungan sekitar. Bila ini terjadi, kegiatan belajar mengajar tidak akan berjalan semestinya.
Salah satu kondisi lingkungan yang sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan belajar mengajar adalah udara. Melalui udara, kegiatan belajar mengajar dapat bergerak pada arah yang lebih baik atau ke arah yang lebih buruk. Kondisi udara sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan yang berlangsung di sekolah. Mungkin sebagian sekolah belum menyadari arti penting dari udara. Ada kemungkinan, sebagian besar pelaku kegiatan belajar mengajar cenderung menyepelekan fungsi udara yang bersirkulasi di sekolahnya. Hal ini wajar saja, karena manusia lebih peduli terhadap hal-hal yang sifatnya visual. Udara yang tak terlihat akan cenderung terlupakan keberadaannya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan bersama oleh School of Public Health di Harvard University dan University of North Carolina, dapat dibuktikan bahwa kadar ozon dalam udara yang tercemar polusi, dapat menurunkan konsentrasi, menimbulkan short-term memory dan menurunkan respon otak. Zat-zat kimia yang terkandung dalam udara akibat proses pembakaran benda-benda yang mengandung karbon seperti batu bara, gas, oli, diesel, dan rokok, diyakini sebagai biang keladinya. Dengan kondisi udara yang tercemar oleh polusi, dipastikan kegiatan belajar mengajar akan terhambat. Fungsi tubuh dan kinerja otak yang menurun dan mengalami short-term memory akibat terpapar oleh polusi, akan menghambat proses belajar mengajar yang semestinya.
Dalam penelitian lainnya, disebutkan bahwa udara yang bersih dan banyak mengandung oksigen dapat meningkatkan kinerja tubuh dan otak manusia. Dengan limpahan oksigen yang diterima tubuh dari lingkungannya, proses pembakaran gula dalam sel dapat terlaksana dengan baik. Reaksi kimia yang terjadi antara gula dan oksigen, akan menghasilkan Adenosine Tri Phosphate (ATP) sebagai energi murni sel. Bila energi dalam sel baik, tubuh dan otak akan berada dalam keadaan baik pula. Jika tubuh dan otak dalam keadaan baik, maka kegiatan belajar mengajar pun akan jauh lebih baik.
Apa yang paling dibutuhkan oleh lingkungan sekolah agar tercipta kondisi udara yang banyak mengandung oksigen dan terbebas dari polusi udara, sehingga dapat menciptakan kondisi kondusif bagi kegiatan belajar mengajar? jawabannya adalah pohon. Pohon adalah sumber kehidupan di muka bumi. Peran pohon sangat vital, karena pohon menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia. Selain menghasilkan oksigen, pohon pun mampu menyerap karbon yang tidak dibutuhkan oleh manusia. Polusi udara pun dapat teratasi apabila ada begitu banyak pohon di lingkungan kita. Oleh sebab itu, pohon harus ditempatkan sebagai salah satu faktor penting di lingkungan sekolah. Pohon harus dipandang sebagai salah satu faktor penentu kegiatan belajar mengajar yang kondusif. Dengan kehadiran pohon yang cukup banyak di lingkungan sekolah, dipastikan kinerja tubuh dan otak para pelaku kegiatan belajar mengajar menjadi maksimal.
Apabila posisi pohon telah diyakini sebagai salah satu faktor penting dalam proses kegiatan belajar mengajar, maka sudah saatnya sekolah dan para pelaku di dalamnya, untuk lebih memprioritaskan kehadiran pohon di lingkungan sekolah. Sudah saatnya bagi sekolah dan lembaga pendidikan untuk lebih mengedepankan kehadiran pohon-pohon menyehatkan, disamping bangunan mentereng yang hanya menimbulkan efek pencitraan sesaat. Mudah-mudahan, dengan tertanamnya pohon-pohon yang rindang di sekolah, dapat membawa perubahan kondisi lingkungan sekolah ke arah yang lebih sehat dan lebih baik. 




Dengan adanya pohon-pohon yang menyejukkan dan menyegarkan, diharapkan kondisi paling kondusif yang diinginkan dalam kegiatan belajar mengajar dapat tercapai maksimal. Mudah-mudahan dengan tertanamnya pohon-pohon di lingkungan sekolah, dapat menghasilkan manusia-manusia hebat yang mampu membangun bangsa. Mari menanam pohon di sekolah kita.
Pentingnya menanam pohon di sekolah.

1 komentar:

  1. Setuju ! Mari menanam pohon. Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"


    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus